Umufaizah's Blog
Just another WordPress.com weblog

bahaya tumor

Koq kayaknya rame banget ya yang membahas masalah kanker payudara, banyak sekali kampanye-kampanye tentang pencegahan kanker payudara. Tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan kanker payudara ini ditakuti oleh sebagian besar orang? Bahkan di beberapa negara maju pemeriksaan mammography setiap 6 bulan sekali menjadi suatu kewajiban bagi tiap perempuan yang udah monopouse. Yah kali ini kita akan ngobrolin sebagian bahaya yang disebabkan oleh kanker yang banyak di derita oleh kaum hawa ini, meskipun banyak juga kasus kanker payudara dilaporkan terjadi pada pria.

Sel Kanker jalan-jalan ke tulang belakang.

Sel kanker payudara kurang bisa melekat ke sel lainnya, hal ini disebabkan karena sel kanker payudara memiliki sedikit zat yang berfungsi dalam ikatan antar sel yaitu molekul adhesin, karena mudah terlepas dari sel yang lain, maka sel kanker ini masuk ke peredaran darah dan jalan-jalan ke berbagai organ. Entah kenapa sel ini sukanya mampir ke tulang, terutama tulang belakang. Lha iya, tulang belakang ini kan tempat keluarnya berbagai saraf penting dari otak seperti saraf motorik yang mengatur berbagai pergerakan kaki, tangan dan otot-otot pernafasan. Karena sel kanker ini mampir ke tulang belakang dan berkembang disana, terjadilah kanker tulang belakang dengan kondisi pembengkakan tulang dan jaringan sekitar tulang belakang. Karena tulang belakang dan daerah sekitarnya membengkak maka terjadi penekanan terhadap saraf-saraf penting ditulang, tergantung juga di bagian mana saraf yang tertekan, kalo yang tertekan saraf yang mempersarafi otot kaki ato tangan sih mending, mungkin gejalanya lumpuh kaki ato lumpuh tangan. Tapi coba sampeyan bayangkan kalo yang tertekan adalah saraf yang mensarafi otot-otot pernafasan seperti otot intercosta (otot diantara tulang rusuk) dan otot diafragma, jadinya si penderita gak bisa bernafas dan bisa almarhum. waduuuuh…

Sel kanker jalan-jalan ke Organ dalam.

Karena posisi payudara ini didada *lha mau dimana lagi? masak dilutut?*, maka dibalik payudara ini tersimpan sesuatu yang indah banyak sekali pembuluh limfe yang langsung terhubung ke berbagai organ dalam seperti paru, hati dan teman-temannya yang fungsinya sangat penting dalam mendukung kehidupan, maka dengan mudahnya sel kanker bisa jalan-jalan melalui pembuluh limfe menuju organ dalam tersebut. Contohnya ketika sel kanker ini jalan-jalan dan mampir ke organ dalam yang terdekat yaitu paru, maka terjadilah perkembangan sel kanker di paru yang mengganggu pernafasan, makanya tidak jarang ditemukan batuk kronis yang gak sembuh-sembuh pada penderita kanker payudara. Kondisi ini bila berkelanjutan bisa menyebabkan kematian karena gangguan pernafasan.

metastase sel kankerG

No Responses to “bahaya tumor”

Leave a comment